Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Jogging

Cara menurunkan berat badan dengan jogging bisa menjadi salah satu cara yang simple untuk mendapatkan tubuh langsing. Karena Anda tidak perlu repot pergi ke tampat gym atau membeli peralatan mahal seperti treadmill. Anda cuma membutuhkan sepatu yang nyaman untuk segera memulai aktivitas jogging pagi atau sore hari.

Mengapa jogging menjadi salah satu latihan kardio terbaik untuk menurunkan berat badan? Hal ini dikarenakan jogging merupakan latihan yang melibatkan seluruh tubuh untuk bergerak. Sebenarnya setiap aktivitas fisik yang membuat tubuh bergerak dapat membakar kalori dan lemak dalam tubuh, termasuk menari, lompat tali, lompat di atas trampolin dan sebagainya.

Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Jogging

Cara Melakukan Jogging yang Baik dan Benar

Meskipun jogging merupakan olahraga yang mudah namun Anda juga harus melakukannya dengan tepat, karena jika tidak maka dapat beresiko cedera. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai jogging untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pilih Alas Kaki yang Tepat
Pilihlah sepatu yang cocok, pas dan nyaman saat melakukan jogging. Sepatu yang baik adalah sepatu khusus untuk lari dan jangan lupa mengenakan kaos kaki atletik. Resiko cedera yang sering terjadi ketika tidak memakai sepatu yang tepat adalah terkilir, cedera lutut, dan lecet.

Lakukan Pemanasan
Lakukan pemanasan dengan lari santai, jangan langsung jogging dengan kecepatan penuh karena dapat membuat otot shock akibat belum siap. Begitu juga saat akan berhenti, jangan berhenti dengan tiba-tiba, kurangi kecepatan berlari secara perlahan hingga berhenti.

Perhatikan Track Jogging Dengan Baik
Bagi pemula, sebaiknya pilihlah track atau rute jogging yang datar dan nyaman. Hindari rute berbatu, banyak lalu lalang kendaraan dan rute naik turun yang tajam. Karena jika tubuh Anda belum terbiasa maka akan menjadi hambatan jika memilih rute yang susah. Kaki Anda mungkin akan sering tersandung batu atau lutut kaki dan sendi terasa nyeri karena mendapat tekanan yang besar saat menaiki medan berbukit.

Waktu 
Lakukan jogging pagi hari atau sore hari. Jangan melakukan jogging saat siang hari karena tidak baik untuk tubuh. Lama waktu ideal untuk melakukan jogging setidaknya selama 45 menit. Karena selama 45 menit melakukan jogging, tubuh kita dapat membakar hingga 500 kalori.

Manfaat Jogging

Selain dapat menurunkan berat badan, jogging juga memberikan beberapa manfaat lain bagi tubuh, diantaranya adalah:
  • Dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Dapat menyehatkan jantung.
  • Baik untuk pembentukan otot.
  • Dapat menghilangkan stress
Jadi tidak ada alasan lagi untuk malas melakukan jogging mengingat banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Jadi tunggu apalagi? Selamat mencoba!

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments