6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Jeruk nipis sudah sejak dahulu dijadikan sebagai obat obatan tradisional. Sampai saat ini jeruk nipis masih digunakan sebagai pengoatan alami. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan berbagai kandungan lainnya.

Jeruk nipis merupakan buah rendah kalori yang sangat cocok bagi orang yang sedang melakukan diet. Selain untuk diet, jeruk nipis juga banyak digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jeruk Nipis



1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis dapat membantu program diet untuk menurunkan berat badan. Caraya, campurkan semua bahan berikut ini kedalam gelas: 2 sdt air jeruk nipis, kira-kira dari setengah buah jeruk nipis, 1 gelas air hangat, 1 sdt madu. Minum pagi hari ketika bangun tidur

Namun bukan berarti hanya dengan minum jeruk nipis pagi hari dapat langsung menurunkan berat badan, Anda harus tetap menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin agar lemak dapat dikikis secara bertahap.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bagi orang yang mudah sakit dan memiliki kekebalan tubuh yang rendah, sebaiknya mengkonsumsi jeruk nipis. Seperti yang telah dijelaskan diatas, jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi dan membantu memenuhi kebutuhan keseharian.

Untuk orang dewasa, membutuhkan vitamin C sebanyak 90 mg laki laki dan 75 mg untuk wanita sedangkan satu porsi jeruk nipis memiliki 50 mg, jadi kebutuhan keseharian anda terhadap vitamin C sangat terpenuhi apabila mengkonsumsi jeruk nipis.

3. Membantu melancarkan pencernaan

Gaya hidup masa kini, membuat banyak orang mengalami masalah pencernaan. Nah, bagi anda yang mengalami masalah pencernaan dapat menggunakan jeruk nipis untuk mengatasinya. Jeruk nipis mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan produksi empedu dan cairan pencernaan.

Hal tersebut sangatlah membantu untuk perncernaan tubuh yang mana kandungan tersebut dapat menetralkan cairan pencernaan asam dan pengeluaran racun didalam tubuh.

4. Mengatasi sembelit

Sembelit terjadi karena pola makan yang tidak sehat, anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasinya. Air jeruk hangat akan merangsang serta mengatur gerakan tubuh sehingga dapat menyembuhkan sembelit.

Caranya anda bisa mencampurkan jeruk nipis ke the hangat kemudian dikonsumsi.

5. Detoksifikasi

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selanjutnya yaitu befungsi sebagai detoks. Detoks atau penghilang racun akan sagat baik untuk menjaga kebersihan tubuh anda dari berbagai racun yang berbahaya dan terakumulsi ditubuh.

6. Melawan Penuaan Dini

Penuaan dini akan sangat buruk bagi kulit anda, kuit yang terkena penuaan dini akan terlihat kusam, bintik hitam, keriput dan masalah lainnya. Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan? yah rutinlah mengkonsumsi jeruk nipis untuk menghilangkannya.

Anda bisa mengkonsumsi jeruk nipis hangat, karena jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan bermanfaat sebagai antioksidan pelawan penuaan dini.

Efek Samping Jeruk Nipis

Meskipun memiliki banyak khasiat, Anda juga harus mewaspadai efek samping jeruk nipis yang ditimbulkan. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan lambung, sebaiknya cukup berhati-hati dalam mengkonsumsi jeruk nipis.

Konsumsi jeruk nipis berlebihan dalam sehari dapat menyebabkan sakit perut karena kondisi perut yang asam dalam waktu lama sehingga menyebabkan selaput lendir pada saluran pecernaan mengalami iritasi. Konsumsilah jeruk nipis sewajarnya saja karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Semoga bermanfaat!

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments