Manfaat Kacang Hijau Untuk Melangsingkan Tubuh Hingga Membangun Otot

Manfaat kacang hijau sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan hingga proses pembentukan otot tubuh karena kandungan protein yang cukup tinggi di dalamnya. Tidak hanya protein, kacang hijau juga mengandung serat yang sangat baik untuk membantu program diet.

Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai macam menu hidangan yang lezat. Namun sebaiknya Anda memperhatikan cara memasaknya agar tidak kehilangan berbagai macam nutrisi yang terdapat dalam kacang hijau.

Manfaat Kacang Hijau

image reps id

Seperti yang dikutip dari duniafitnes.com, berikut ini beberapa manfaat dan kandungan kacang hijau yang bisa Anda dapatkan.

Kaya Serat
Kandungan serat yang tinggi yaitu sekitar 7,6 gr/100 gr dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan bisa menjadi pilihan dalam menu diet.

Sumber Protein
Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati yang mengandung protein tinggise banyak 7 gr/100 gr. Selain itu, protein yang terkandung dalam kacang hijau memiliki asam amino lengkap.

Rendah Karbohidrat
Kacang hijau mengandung karbohidrat kurang lebih sebanyak 19 gr/100 gr. Sehingga sangat baik untuk program diet dan pembentukan badan atau muscle building.

Mengandung Lemak Sehat
Asam lemak esensial yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Kaya Vitamin dan Mineral
Asam folat dan vitamin B yang terdapat dalam kacang hijau cukup tinggi yaitu sekitar 0,2 mg/100 gr. Kacang hijau juga kaya vitamin B lain, seperti riboflavin, B6,asam pantothenat, serta niasin.

Selain vitamin, kacang hijau juga kaya mineral. Dalam 100 gram kacang hijau mengandung potasium (266 mg), phosphorus (99mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg),magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg) dan selenium (2,5 µg).

Menurunkan Berat Badan
Beberapa kandungan kacang hijau seperti serat, protein, lemak sehat dan rendah karbohidrat sangat cocok sebagai menu diet untuk membantu menurunkan berat badan. Anda bisa memasukkan kacang hijau kedalam menu harian.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Hal ini disebabkan karena kacang hijau mengandung serat yang cukup tinggi sehingga membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk dalam usus.

Membantu Pembentukan Sel-Sel Tubuh
Protein yang terdapat dalam kacang hijau dapat membantu pembentukan sel-sel tubuh sehingga secara tidak langsung peran ini sangat berkaitan dengan manfaat perbaikan pertumbuhan badan.

Membantu Meningkatkan Penyerapan Nutrisi
Kecambah kacang hijau mengandung enzim-enzim aktif yang meningkatkan penyerapan nutrisi pada proses metabolisme tubuh.

Cara Memasak Kacang Hijau

Rendam kacang hijau semalam sebelum dimasak agar lebih lunak. Kemudian rebus kacang hijau dengan api kecil hingga mendidih kemudian angkat. Sebaiknya jangan dicampurkan dengan santan untuk mendapatkan manfaat sehatnya. Diamkan beberapa menit hingga dingin, kemudian rebus kembali dengan api kecil. Kini Anda bisa mengkonsumsi kacang hijau dan meminum air rebusannya untuk mendapatkan semua nutrisi secara maksimal.

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments