Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Cara Membuatnya

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak sekali manfaatnya. Karena kunyit ini mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin , desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren , sabinen , borneol dan sineil.

Kunyit juga mengandung lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium. Berikut ini berbagai macam khasiat kunyit untuk kesehatan yang bisa Anda coba:

Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kunyit dapat mengatasi masalah pencernaan. Hal ini disebabkan karena kunyit bisa membantu untuk menstimulasi kandung empedu  untuk melepaskan empedu.  Empedu ini memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem pencernaan, terutama untuk menyerap lemak, dan juga vitamin yang yang berada pada usus kecil.

Menjaga Kesehatan Lambung

Kunyit dapat menjaga kesehatan lambung yang diakibatkan oleh makanan yang kita konsumsi. Makanan tersebut dapat berpotensi mengakibatkan kerusakan pada system pencernaan, sehingga bisa membahayakan dinding lambung dan juga usus. Kunyit dapat meningkatkan lendir yang ada pada dinding lambung yang berfungsi sebagai lapisan pelindung pada lambung.

Mengatasi Sembelit

Sembelit atau susang buang air besar dapat diatasi dengan kunyit. Hal ini disebabkan karena kunyit mampu meningkatkan gerakan peristaltic yang ada pada usus besar, sehingga gerakanan makanan menjadi lencar.

Cara Membuat Ramuan Kunyit

 

  • Ambil segenggam kunyit, kemudian kupas dan bersihkan.
  • Parut atau jus dengan blender (biasa ditambahkan air secukupnya).
  • Didihkan 2-3 kali (biasa ditandai dengan pemuaian)
  • Tambahkan garam sedikit (seujung sendok).
  • Saring dan Peras.
  • Tuangkan perasan jeruk nipis (1 - 3 biji, sesuai selera)
  • Tambahkan gula atau madu.
  • Minum (lebih baik dalam keadaan hangat).
Ramuan kunyit diatas dapat mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan seperti menyembuhkan flu/demam, mengatasi bau badan tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar.

Meskipun memiliki beragam manfaat, sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kunyit. Karena segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Selamat mencoba!

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments