Inilah 7 Tips Agar Tidur Jam Sembilan Malam Setiap Hari

     "Tidur Malam" merupakan salah satu aktivitas wajib yang harus menjadi kebiasaan kita setiap hari. Dengan tidur malam yang cukup, maka dapat dipastikan semua aktivitas dan pekerjaan di pagi hari dapat dikerjakan dengan penuh semangat membara. Faktanya, gaya hidup modern telah merusak dan membuat jadwal tidur malam menjadi berantakan. Ini akan menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Lalu, adakah tips agar tidur lebih awal atau jam sembilan malam setiap harinya...???.

    Sahabat, tips kesehatan. Tidak sedikit dari kita yang memiliki masalah dengan kurangnya jam tidur malam tersebut. Keasyikkan begadang dengan teman, stres karena pekerjaan serta asyik bermain gadget (handphone dan laptop) menjadi beberapa penyebab kurangnya jam tidur malam. Kurang tidur di malam hari juga berdampak pada kesehatan seperti memperbesar resiko penyakit jantung, hipertensi, stroke serta diabetes. Oleh karena itulah, diperlukan langkah nyata untuk memperbaiki jadwal tidur malam anda. Berikut ini 7 tips agar tidur jam sembilan malam setiap hari :
  1. Rilekskan. Dalam hal ini, anda harus merilekskan tubuh dan pikiran dengan menghentikan semua aktivitas maupun pekerjaan yang sedang dilakukan setengah jam sebelum memejamkan mata anda. Hal ini penting, karena dengan pikiran yang tenang dan tubuh yang rileks, aktivitas tidur malam jadi lebih mudah.
  2. Matikan Gadget. Sebaiknya juga mulai menonaktifkan atau mematikan gadget (smartphone) yang anda miliki sebelum berangkat tidur. Kecenderungan untuk terus memainkan gadget kesayangan akan menjadikan rutinitas tidur malam menjadi terganggu.
  3. Jauhkan Gadget. Jika anda tidak mau mematikan gadget (smartphone), maka sebaiknya menjauhkannya dari jangkauan tangan anda. Anda bisa meletakkanya di meja atau kursi yang jauh dari kasur tempat anda membaringkan tubuh untuk beristirahat di malam hari.
  4. Matikan Televisi. Berbagai acara televisi sering melupakan kita dari jam tidur malam yang sudah direncanakan hingga rela begadang sampai larut malam. Maka, alangkah baiknya anda segera mematikan televisi dan mulai beranjak ke kamar tidur.
  5. Rapikan. Sebelum merebahkan tubuh di kasur, anda juga sebaiknya merapikan dulu tempat tidur dengan mengibaskan sprei, selimut serta bantal. Untuk membuang atau membersihkan debu halus yang menempel di tempat-tempat tersebut.
  6. Matikan Lampu. Mematikan lampu kamar tidur selain mampu meningkatkan kesehatan tubuh juga dapat membuat suasana kamar lebih tenang dan nyaman. Jika anda tidak suka suasana yang gelap gulita, gunakanlah lampu kamar yang redup atau tidak terlalu terang.
  7. Penutup Mata. Jika anda sulit memejamkan mata, maka tidak ada salahnya menggunakan penutup mata. Hal ini bertujuan untuk mengirimkan rangsangan pada otak, bahwa tubuh dan pikiran sedang di istirahatkan dari berbagai aktivitas dan pekerjaan.
Artikel Kesehatan Lainnya....
       Semoga tips kesehatan yang mengulas beberapa tips agar tidur jam sembilan setiap malam dapat bermanfaat bagi pembaca dan pengunjung yang budiman. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Image courtesy of FrameAngel at FreeDigitalPhotos.net
Sumber : intips-kesehatan.blogspot.

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments