Cara Mempertahankan Berat Badan Ideal Agar Tidak Naik

Setelah berhasil mencapai target berat badan ideal, kini yang harus Anda lakukan adalah mempertahankannya. Karena tidak sedikit para pelaku diet yang justru berat badannya naik setelah tergat berat badan ideal tercapai.

Peneliti menemukan bahwa kembalinya berat badan sebagian besar terjadi tak lama setelah penurunan berat badan pertama. Lantas bagaimana cara mempertahankan berat badan agar tidak naik lagi? Dengan metode yang tepat, Anda bisa menjaga berat badan tetap stabil. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

Cara Mempertahankan Berat Badan


Cek Berat Badan Secara Berkala

Dengan rutin mengecek berat badan tidak akan membuat Anda kecolongan dan dapat memantau perkembangan kenaikan atau penurunan berat badan. Lakukan pengecekan setiap seminggu sekali. Namun jangan terlalu memusingkan hal-hal kecil, berat badan yang naik turun 0,5 – 1,5 kg dalam seminggu atau bahkan dalam sehari merupakan hal yang wajar.

Lepaskan Stres dan Tidur yang Cukup

Stres dan kurang tidur merupakan salah satu penyebab berat badan naik. Jadi hindari stres dan dapatkan tidur minmal 8 jam setiap hari. Selain itu Anda juga dapat menerapkan teknik relaksasi dengan yoga.

Tetap Jaga Pola Makanan

Meskipun kini berat badan Anda telah turun, bukan berarti bebas kembali makan apa saja. Hindari makanan dan minuman yang tidak sehat penyebab kegemukan seperti minuman bersoda, minuman manis, snack, junk food dan sejenisnya. Diet sehat dan seimbang dapat membantu mengendalikan kalori yang masuk dan memaksimalkan masukan vitamin dan mineral.

Berolahraga

Aktifitas fisik seperti olahraga dapat menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil. Selain itu, olahraga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Lakukan olahraga seperti latihan kardio, angkat beban, latihan sirkuit, dan yoga secara bergantian atau mengkombinasikannya untuk menghindari kebosanan.

Mempertahankan berat badan ideal tidak hanya mencegah berat badan naik, namun juga dapat meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih sehat. Yang harus Anda lakukan hanyalah disiplin dalam berbagai hal. Selamat mencoba!

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments