Inilah Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Otak Anda

      Suka begadang...???. Begadang menjadi salah satu kebiasaan yang sulit dihilangkan bagi sebagian besar dari kita. Kebiasaan begadang umumnya dilakukan oleh para remaja dan kalangan yang sudah berumur atau dewasa. Berbagai alasan yang menyertainya, seperti dikejar deadline tugas yang menumpuk, mengobrol dengan sahabat dekat hingga larut malam maupun menyaksikan film favorit yang di tonton melalui televisi atau komputernya. Tentu kitapun tahu bahwa bergadang akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Tapi tahukah anda, begadang rutin tiap malam juga akan memperburuk kesehatan organ otak. Lalu, apa saja bahaya begadang bagi kesehatan otak tersebut...???

     Sahabat, tips kesehatan. Setelah seharian beraktivitas yang menguras tenaga dan pikiran seseorang, tidur pada malam hari tentu memiliki peran yang begitu vital untuk mengembalikan tenaga dan membuat fikiran dapat fresh keesokan harinya. Tapi bukan itu saja manfaat tidur malam yang bisa anda peroleh tiap harinya. Tips kesehatan kali ini akan mengungkapkan beberapa fakta yang akan membuat seseorang berhenti begadang tiap malamnya. Tips kesehatan, berikut ini bahaya begadang bagi kesehatan otak anda :
  • Beresiko Besar Terkena Penyakit Alzheimer Serta Kelainan Syaraf Lainnya. Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Maiken Nedergaard, M.D., D.M.Sc. dari Pusat Medis University of Rochester Medical Center, saat tertidur pulas pada malam hari, organ otak akan bekerja maksimal unuk  membuang racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf yang menumpuk di organ otak selama beraktivitas seharian. Tumpukan racun serta sisa-sisa aktivitas syaraf inilah yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer serta kelainan pada syaraf. Hal inilah yang menjadi alasan kuat, tidur pada malam hari lebih berperan penting daripada begadang tiap malamnya. 
     Saat seseorang tertidur pulas pada malam harinya, organ otak akan menciut hingga 60 persen. Hal ini akan membuat cairan pada tulang belakang otak dapat mengalir lancar. Cairan pada tulang belakang otak berperan dalam hal membuang sampah serta racun yang terakumulasi di otak ke dalam sistem peredaran darah serta hati seseorang untuk disaring. Semua proses diatas, akan berjalan maksimal, saat seseorang tertidur pulas serta nyenyak pada malam hari.  Jadi, masihkah hobi begadang tiap malam tetap anda lakukan, setelah membaca berbagai fakta tentang tidur malam tersebut...???. Semoga artikel dari tips kesehatan kali ini akan bermanfaat besar dalam meningkatkan kualitas kesehatan para pembaca. Akhir kata, salam hangat dari penulis.

Artikel Kesehatan Lainnya...
       Demikianlah tips kesehatan yang mengulas bahaya begadang bagi kesehatan otak anda.
 Sumber : voaindonesia. Image courtesy of Michal Marcol at FreeDigitalPhotos.net

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments